Langsung ke konten utama

PROGRAM METODE BISEKSI DAN TABULASI

A. Metode Biseksi

     Contoh soal : f(x) = xe⁻  ͯ + 1

  1. Algoritma Deskripsi
    • Definisikan fungsi f(x) yang akan dicari akarnya
    • Tentukan nilai a dan b
    • Tentukan torelansi e dan iterasi maksimum N
    • Hitung f(a) dan f(b)
    • Jika f(a).f(b)>0 maka proses dihentikan karena tidak ada akar, bila tidak dilanjutkan
    • Hitung x=(a+b)/2
    • Hitung f(x)
    • Bila f(a).f(x)<0 maka b=x dan f(b)=f(x), bila tidak a=x dan f(a)=f(x)
    • Jika |b-a|<e atau iterasi>iterasi maksimum maka proses dihentikan dan didapatkan
      akar = x
  2. Flowchart


     3. Program
         Implementasi pada program menggunakan bahasa pemograman phyton



          Test Program


B. Metode Tabulasi

     Contoh Soal : F(x) = X– 27
  1. Algoritma Deskripsi
    • Definisikan fungsi F(x) = X– 27
    • Tentukan batas bawah, batas atas, nilai x dan jumlah iterasi
    • Hitung penambahan nilai x dengan rumus inc = (batas atas - batas bawah ) / Jumlah Iterasi
    • Apakah batas bawah < batas atas, jika ya lanjut kan ke langkah selanjutnya, jika tidak cetak cetak nilai batas bawah yang di simpan di batas bawah + inc
    • Hitung nilai f (batas bawah)
    • Hitung nilai f (batas atas ditambah inc)
    • Cetak nilai batas bawah  dan nilai f (batas bawah)
    •  Apakah nilai f (batas bawah) dikali f (batas bawah ditambah inc) < 0 jika ya simpan nilai batas bawah dan batas bawah + inc
    • Tambah nilai batas bawah dengan inc
    • Kembali ke langkah d
    •  cetak nilai batas bawah yang di simpan di batas bawah + inc
      2. Flowchart
      3. Program
          Implementasi pada program menggunakan bahasa pemograman phyton




           Hasil Program


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ALGORITMA A* DAN DEPTH FIRST SEARCH

       ALGORITMA A* / ALGORITMA A-Star A. PENGERTIAN ALGORITMA A* Algoritma A Star merupakan salah satu algoritma yang menggunakan fungsi biaya. Atau algoritma pencarian graf/pohon yang mencari jalur dari satu titik awal ke sebuah titik akhir yang telah ditentukan. Perbedaan algoritma A Star dan algoritma Greedy terletak pada rumus yang digunakan oleh kedua algoritma, algoritma greedy hanya menggunakan rumus perkiraan atau estimasi saja tetapi algoritma A Star selain menggunakan rumus perkiraan atau estimasi, juga menghitung cost yang diperlukan untuk mengembalikan puzzle ke posisi berurut. Inilah yang membuat algoritma A Star lebih baik daripada algoritma Greedy. Tetapi dengan lebih banyaknya rumus yang dihitung, hal ini menyebabkan algoritma A Star bekerja dengan lambat sehingga waktu yang diperlukan untuk menemukan solusi akan semakin besar pula karena selain menghitung biaya yang diperlukan untuk berjalan dari simpul satu ke simpul lainnya, Algori...

UTS Kecerdasan Buatan

   Nama: Larasati Mayan Pramesti    NIM: 1730511081 1.  Dalam bahasan Kecerdasan Buatan sebuah software/hardware disebut cerdas jika memiliki kemampuan untuk  Searching, Reasoning, Planning,  dan  Learning . Jelaskanlah pernyataan tersebut disertai dengan Contoh!  Jawaban: 1. Searching di dalam AI (Artificial Intellegence) adalah salah satu metode penyelesaian masalah dengan pencarian solusi pada suatu permasalahan yang dihadapi. Contohnya pada algoritma A-star, metode yang digunakan secara luas dalam mencari jalur (path finding) dan grafik melintang (graph traversal), proses plotting sebuah jalur melintang secara efisien antara titik-titik, disebut node.  2. Reasoning (penalaran) yang merupakan teknik penyelesaian masalah dengan cara merepresentasikan masalah ke dalam basis pengetahuan (knowledge base) menggunakan logic atau Bahasa formal (Bahasa yang dipahami computer). Contohnya : Apel adalah buah-buahan. Itu me...