Langsung ke konten utama

UTS Kecerdasan Buatan


   Nama: Larasati Mayan Pramesti
   NIM: 1730511081

1. Dalam bahasan Kecerdasan Buatan sebuah software/hardware disebut cerdas jika memiliki kemampuan untuk Searching, Reasoning, Planning, dan Learning. Jelaskanlah pernyataan tersebut disertai dengan Contoh! 
Jawaban:
1. Searching di dalam AI (Artificial Intellegence) adalah salah satu metode penyelesaian masalah dengan pencarian solusi pada suatu permasalahan yang dihadapi.
Contohnya pada algoritma A-star, metode yang digunakan secara luas dalam mencari jalur (path finding) dan grafik melintang (graph traversal), proses plotting sebuah jalur melintang secara efisien antara titik-titik, disebut node.
 2. Reasoning (penalaran) yang merupakan teknik penyelesaian masalah dengan cara merepresentasikan masalah ke dalam basis pengetahuan (knowledge base) menggunakan logic atau Bahasa formal (Bahasa yang dipahami computer).
Contohnya : Apel adalah buah-buahan. Itu merupakan fakta yang benar dan nyata.
3. Planning adalah suatu metode penyelesaian masalah dengan cara memecah masalah ke dalam sub-sub masalah yang lebih kecil menyelesaikan sub-sub masalah satu demi satu, kemudian menggabungkan solusi-solusi dari sub-sub masalah tersebut menjadi sebuah solusi lengkap dengan tetap mengingat dan menangani interaksi yang ada antar sub masalah.
                Contoh nya Dua Balok:
  - Memiliki sebuah permukaan datar tempat menyimpan balok, umumnya disebut meja.
  -  Memiliki sejumlah balok kotak yang berukuran sama
  -  Memiliki sebuah tangan robot yang dapat memanipulasi balok. Untuk memudahkan pendefinisian kondisi balok pada suatu state dalam.
 4. Learning merupakan suatu system pengembangan yang dapat belajar "sendiri" tanpa perlu diprogram oleh manusia berulang kali.
      Contoh: Dalam bidang transfortasi, software ALV INN digunakan pada sebuah mobil tanpa dikemudikan manusia dengan menggunakan JS T yang dengan berbagai gambar kondisi jalan raya yang di tangkap kamera pada mobil. 

2. Gambar di bawah ini adalah sebuah graf simetris tak berarah yang menggambarkan kondisi jalan raya di suatu kota. Terdapat 8 simpul yang menyatakan persimpangan jalan dengan posisi-posisi koordinat dua dimensi (x,y). Setiap busur memiliki 2 atribut, angka pertama menyatakan panjang jalan sebenarnya (dalam satuan kilo meter), dan angka yang berada dalam tanda kurung, menyatakan kecepatan maksimum yang diperbolehkan untuk setiap kendaraan yang melalui jalan tersebut (dalam satuan km/jam). Seorang pimpinan satuan pemadam kebakaran, yang berada di persimpangan S, bermaksud memadamkan api di sebuah gedung yang terletak di persimpangan G. Dia menggunakan mobil pemadam kebakaran dengan kecepatan maksimum 90 km/jam. Bantulah petugas tersebut menemukan rute jalan dengan total waktu tercepat dari S ke G dengan menggunakan Metode A*.


Jawaban :


3. Bagaimana Pendapat anda, jika proporsional logic digunakan untuk membangun basis pengetahuan untuk permainan catur? Jelaskan!
Jawaban:
Karena dalam permainan catur logica programmingnya dan bahasa pemrograman logis yang paling popular adalah prolog, suatu program dituliskan sebagai kumpulan kalimat dalam Horn Clause. Kita hanyalah membangun knowledge base yang sesuai dan lengkap untuk suatu masalah. Proses reasoning sampai dihasilkan suatu kesimpulan ditangani oleh prolog. Tetapi membangun knowledge base yang benar dan lengkap bukan hal yang mudah.


4.  Untuk masalah yang seperti apa kita sebaiknya menggunakan fuzzy logic?
Jawaban:
Untuk menangani ketidakpastian masalah-masalah yang memiliki banyak jawaban, merepresentasikan masalah yang mengandung ketidakpastian ke dalam suatu bahasa formal yang dipahami komputer. System fuzzy yaitu system yang menangani masalah-masalah yang sulit didefinisikan dengan menggunakan model matematis. Misalkan, nilai masukan dan parameter sebuah system bersifat kurang akurat atau kurang jelas, sehingga sulit mendefinisikan model matematikanya. Dengan digunakannya fuzzy logic dalam prinsip kerja alat-alat dan mesin penunjang pekerjaan manusia tersebut membuat waktu, biaya, tenaga menjadi lebih efektif dan efisien sehingga juga meningkatkan tingkat produktifitas pekerjaan yang dilakukan manusia.Contoh lainnya, Air Conditioner (Mitsubishi), Vacum Cleaner (Panasonic), Automatic Transmission System, Washing Machine, Camcorder, dan sebagainya.

5. Jika diketahui fungsi keanggotaan suhu udara adalah sebagai berikut:
Tentukanlah derajat keanggotaan pada fuzzy logic untuk suhu: 10°𝐶, 14°𝐶, 25°𝐶, 45°𝐶
Jawaban:
10°𝐶 = (x-a)/(b-a)
          = (10-3)/(15-3)
          = (7/12)
          = 0,583
-14°𝐶 = (x-a)/(b-a)
            = (14-12)/(15-12)
            = (2/3)
            = 0,67
-25°𝐶 = (d-x)/(d-c)
            = (27-25)/(27-24)
            = (2/3)
            = 0,67
-45°𝐶 = (d-x)/(d-c)
            = (50-45)/(50-39)
            = (5/11)
            = 0,45

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ALGORITMA A* DAN DEPTH FIRST SEARCH

       ALGORITMA A* / ALGORITMA A-Star A. PENGERTIAN ALGORITMA A* Algoritma A Star merupakan salah satu algoritma yang menggunakan fungsi biaya. Atau algoritma pencarian graf/pohon yang mencari jalur dari satu titik awal ke sebuah titik akhir yang telah ditentukan. Perbedaan algoritma A Star dan algoritma Greedy terletak pada rumus yang digunakan oleh kedua algoritma, algoritma greedy hanya menggunakan rumus perkiraan atau estimasi saja tetapi algoritma A Star selain menggunakan rumus perkiraan atau estimasi, juga menghitung cost yang diperlukan untuk mengembalikan puzzle ke posisi berurut. Inilah yang membuat algoritma A Star lebih baik daripada algoritma Greedy. Tetapi dengan lebih banyaknya rumus yang dihitung, hal ini menyebabkan algoritma A Star bekerja dengan lambat sehingga waktu yang diperlukan untuk menemukan solusi akan semakin besar pula karena selain menghitung biaya yang diperlukan untuk berjalan dari simpul satu ke simpul lainnya, Algori...

PROGRAM METODE BISEKSI DAN TABULASI

A. Metode Biseksi      Contoh soal :  f(x) = xe⁻   ͯ + 1 Algoritma Deskripsi Definisikan fungsi f(x) yang akan dicari akarnya Tentukan nilai a dan b Tentukan torelansi e dan iterasi maksimum N Hitung f(a) dan f(b) Jika f(a).f(b)>0 maka proses dihentikan karena tidak ada akar, bila tidak dilanjutkan Hitung x=(a+b)/2 Hitung f(x) Bila f(a).f(x)<0 maka b=x dan f(b)=f(x), bila tidak a=x dan f(a)=f(x) Jika |b-a|<e atau iterasi>iterasi maksimum maka proses dihentikan dan didapatkan akar = x Flowchart      3. Program          Implementasi pada program menggunakan bahasa pemograman phyton           Test Program B. Metode Tabulasi       Contoh Soal :  F(x) = X 2  – 27 Algoritma Deskripsi Definisikan fungsi F(x) = X 2  – 27 Tentukan batas bawah, batas atas, nilai x dan jumlah itera...